Pengertian Desain Grafis


Pengertian Desain Grafis
Desain Grafis merupakan cabang dari ilmu seni, Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk penyampaian informasi atau pesan seefektif mungkin, grafis atau gambar dapat menjadi sebuah karya seni  artistik.

Karya seni identik sesuatu yang unik maka dari itu diperlukan keterampilan, kreatifitas, dan imajinasi yang tinggi. Gambar maupun tanda yang dapat berupa tipografi atau media lainnya, seperti gambar atau tipografi.

Desain grafis biasanya diterapkan dalam periklanan, packaging ataupun perfilman yang biasanya bertujuan untuk promosi dan membarikan informasi kepada khalayak umum.

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis seperti buku, majalah brosur. namun seiring perkembangan teknologi desain grafis juga diterapkan pada media elektronik, desain grafis dalam perkembangannya dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah objek.

Orang yang bekerja dalam bidang ini disebut desainer. 

Keterampilan dalam Desain Grafis
seorang desainer setidaknya harus menguasai seluruh atau beberapa dari keterampilan ini:

Seni visual
Keterampilan yang perlu diketahui oleh seorang desainer grafis adalah seni visual. Beberapa bagian seni visual yang perlu dipahami oleh seorang desainer grafis yaitu fotografi dan digital imaging.
Tipografi
Keterampilan kedua yang perlu diketahui oleh seorang desainer grafis adalah keterampilan tipografi. Keterampilan tipografi merupakan keterampilan dalam hal pengolaah kata atau pun huruf. Dalam dunia tipografi, seorang desainer grafis akan berhubungan dengan beberapa pengaturan seperti jenis huruf, ukuran huruf, kerning, leading, dan tracking.
Tata Letak
Keterampilan ketiga yang perlu diketahui oleh seorang desainer grafis adalah keterampilan menyusun tata letak. Keterampilan tata letak merupakan seni menyusun berbagai macam elemen yang ada pada sebuah halaman grafis, seperti gambar atau pun teks.
Desain Interaksi
Selain tiga keterampilan di atas, keterampilan lainnya yang juga dibutuhkan oleh seorang desainer grafis adalah keterampilan desain interaksi. Sebagai informasi, produk – produk keluaran/yang dihasilkan oleh seorang desainer grafis nantinya akan disebarluaskan dan digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, setiap produk yang dihasilkan oleh seorang desainer grafis harus benar - benar interaktif dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh penggunanya.
Jadi, semisal sebuah perusahaan membuat iklan dan menciptakan desain grafis dan teks yang buruk alhasil publik akan mencap perusahaan tersebut tidak konsisten, sebaliknya apabila ada sebuah perusahaan kecil tapi dapat membuat iklan secara baik, bernilai seni, dan menarik maka itu akan mengundang pembaca serta akan menimbulkan kesan bahwa perusahaan tersebut profesional, dan pembaca akan tertarik dengan  produ, jasa, atau acara yang di tawarkan.

Tugas seorang desain grafis adalah memberikan solusi bagi permasalahan komunikasi visual, menjadi lebih kreatif dan efektif bagi klien. desain grafis dituntun untuk kreatif agar ide serta maksud dan tujuan karya tersebut dibuat dapat menarik perhatian serta tersampaikan dengan baik oleh para pembaca. 








Komentar

Pos populer dari blog ini

Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Pemula

Pengenalan Grafis Vektor dan Bitmap